Type Here to Get Search Results !

ByteDance Lebih Pilih Tutup TikTok di Amerika Serikat

0

HAL INI DILAKUKAN SETELAH TIKTOK DILARANG DI AMERIKA SERIKAT

  • Teknologi

Saat ini perusahaan induk TikTok, ByteDance, mengalami situasi yang cukup rumit di negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Kabar terbaru menyebut, bila upaya hukum mereka dalam menggugat undan-undang pelarangan TikTik di AS tidak berhasil, mereka lebih memilih menutup layanan aplikasi berbagi video popular tersebut dibanding harus menjualnya.

Baca juga :  Iklan Bakal Hadir di Start Menu Windows 11

Dikutip dari laman kotakgame seperti dilaporkan Routers, bahwa ByteDance, perusahaan yang berbasis di Cina ini lebih condong menempuh Langkah drastis dalam menghentikan akses pengguna AS di TikTok. Hal ini dipilih, ketimbang harus menjual TikTok ke Investor lainnya sebelum 19 Januari 2025 yang merupakan batas Waktu yang ditetapkan.

Melalui platform miliknya, Tautiao, keputusan ini terjadi sejak BiteDance menegaskan tidak akan menjual TikTok. 

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, baru saja menandatangani undang-undang yang mengatur terkait pelarangan TikTok pada 24 April 2024. Hal ini dilakukan demi pengawasan, berkaitan dengan kekhawatiran pada potensi akses terhadap data pengguna AS dan penyalahgunaannya oleh Cina.

Namun, pihak ByteDance menyebut larangan ini tidak konstitusional dan bertekad memperjuangkannya. Diketahui bahwa algoritma TikTok adalah asset yang berharga bagi seluruh operasi ByteDance, sehingga menjualnya adalah hal yang mustahil.

Baca juga :  Fitur Windows 11 yang Terasa Tidak Begitu Penting

Walau TikTok tidak menyumbang pendapatan terbesar bagi ByteDance dan sebagian kecil dari pengguna aktif harian, namun secara keseluruhan dampak penutupannya dianggap akan terbatas. Masih menurut Routers, AS menjadi negara yang menyumbang sekitar 25 persen pendapatan TikTok di tahun 2023 walau hanya menyumbang 5 persen dari total pengguna aktif harian.

Dalam hubungannya yang kompleks dan panjang dengan aplikasi ini, pelarangan TikTok adalah Langkah terjauh yang dilakukan oleh AS. Negara bagian Montana misalnya, telah secara penuh melarang penggunaan TikTok walaupun keputusan tersebut masih dalam proses persidangan dan belum menjadi undang-undang.

Lebih dari 30 negara bagian, seperti Pennsylvania, Alabama hingga Illinois, juga telah melarang penggunaan TikTok di perangkat pemerintah. Bahkan, TikTok telah dilarang di smartphone yang dikeluarkan oleh federal AS.

Baca juga : Asal-Usul Angka 18


Tags

Post a Comment

0 Comments

Top Post Ad


Buttom Ads Post