BUKAN HANYA TEMPAT KERJA, NAMUN JUGA KESEHARIAN
- Dunia Kerja
“Di balik kesabaran, pasti ada hikmahnya” pepatah ini pasti pernah kamu dengar dan ternyata benar adanya lho. Dengan tips lebih sabar ini, kamu jadi bisa membangun relasi dan menciptakan kantor yang positif.
Rekan kerja yang berbicara dengan volume keras, bos yang selalu memberikan revisi, hingga lamanya kamu terkena macet dalam perjalanan. Pasti ada saja hal yang membuatmu kehilangan kesabaran. Meski begitu, kamu tetap harus tahu bagaimana cara meresponsnya dengan baik.
Baca juga : Manfaat Jalan Pagi Sebelum Akan Bekerja
Identifikasi masalahnya
Saat berada dalam situasi yang menjengkelkan, coba untuk pikirkan hal apa yang membuat kamu terganggu. Dengan mengidentifikasi masalah, kamu jadi lebih tahu bagaimana cara merespons dan menghadapinya.
Contohnya, kamu meminta atasan untuk mengecek pekerjaan yang kamu selesaikan. Setelah 2 jam, belum ada balasan dari atasan, padahal jam pulang kerja sudah mendekat.Nah, coba cari tahu apakah atasan sedang ada meeting atau pekerjaan dengan urgensi yang lebih tinggi.
Jika iya, maka kamu bisa menenangkan diri dengan meninggalkan kantor lebih awal dan melakukan follow up di keesokan hari. Jadi jangan berkutat pada waktu sekarang dan harus mendapatkan balasan secepatnya saja.
Melatih mindfulness
Terkadang, dalam keseharian kamu akan merasa terganggu dan frustasi karena pekerjaan. Akan lebih baik jika kamu bisa mengetahui apa yang kamu rasakan dan hal yang mengurasa kesabaran. Melatih mindfulness akan membuat kamu lebih sabar karena membantu kamu lebih fokus, tidak terburu-buru, dan mengurangi stres.
Lebih santai
Memang sederhana, untuk menjadi lebih sabar, kamu bisa mencoba lebih santai dalam menghadapi masalah. Bukan berarti kamu langsung meninggalkan masalah dan tak menyelesaikannya, ya. Cobalah kamu berhenti sejenak dan menarik napas yang dalam untuk mencoba menenangkan hati serta pikiran. Saat kamu lebih santai dan tenang, perasaan tidak sabar akan perlahan menghilang.
Belajar lebih bersyukur
Orang yang menunjukkan rasa syukurnya cenderung bisa mengatasi rasa kecewa dengan lebih baik, sehingga mereka jadi lebih sabar. Jika kamu ingin lebih sabar coba untuk memikirkan sesuatu yang kamu syukuri saat mulai frustasi dan tidak sabar. Tips ini membantu kamu untuk lebih tenang dan bisa membuat keputusan yang lebih baik.
Berhenti melakukan hal yang tidak penting
Setiap orang cenderung memiliki hal-hal yang mendistraksi diri dari hal yang sebenarnya penting. Salah satu cara menghilangkan stres dan lebih sabar adalah dengan berhenti melakukan hal tersebut. Luangkan waktu di pagi hari sebelum memulai kegiatan untuk melihat jadwal dan membuat prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan.
Buat dirimu menunggu
Sebuah studi yang dirilis oleh SAGE Journal menjelaskan bahwa tips terbaik untuk melatih kesabaran adalah dengan membuat kamu menunggu. Lebih lanjut, menunggu untuk merespons atau bertindak akan membuatmu lebih tenang dan sabar. Jadi kamu tak gegabah dalam menghadapi masalah atau kekecewaan.
Baca juga : Bagaimana Cara Mencegah Cacar Monyet?
Tingkatkan manajemen stres
Kamu bisa meningkatkan manajemen stres dengan berlatih untuk mengidentifikasi yang kamu rasakan terlebih dahulu. Selain itu, kamu bisa melakukan aktivitas yang membantu mengurangi stres. Rajin berolahraga dan memiliki rutinitas yang sehat akan membantu mengurangi stres serta berdampak pada meningkatnya kesabaran.
Tingkatkan kemampuan active listening
Kemampuan active listening dapat membantu kamu untuk memahami perspektif orang lain dengan lebih baik. Ini akan membantu kamu lebih mudah bertoleransi, sabar, dan tidak egois. Contohnya, saat ada rekan kerja memberi penjelasan, dengarkan dengan aktif agar tidak terjadi kesalahan dalam pekerjaan. Nah, nantinya kamu juga akan lebih tenang karena masalah yang muncul akan mudah untuk dihadapi.
Buat tujuan yang realistis
Menyesuaikan fokus dan tujuan yang kamu miliki akan membantu mengatasi perasaan terburu-buru dan tidak sabar. Nah, saat kamu mulai merasa tidak sabar, coba terapkan tips ini. Lebih berfokus pada tujuan jangka pendek dan realistis akan membantumu lebih tenang dalam menyelesaikan masalah.
Sesuaikan perspektif
Mempertimbangkan perspektif orang lain adalah tips paling baik untuk membuat kamu lebih sabar. Misalnya, kamu stres karena deadline yang sudah dekat sehingga kehilangan kesabaran saat rekan kerja bekerja lebih lambat dari biasanya. Ingatkan diri sendiri bahwa deadline itu dihadapi oleh semua orang, bukan hanya kamu. Kemudian, rekan kerjamu memang mengalami kesulitan atas tugasnya.
Maka, saat kamu sudah selesai dengan deadline atau untuk mengejarnya, kamu bisa coba untuk menawarkan bantu ke rekan kerja.
Jangan malu minta bantuan
Jika kamu kesulitan mengelola kesabaran di tempat kerja, kamu bisa meminta bantuan. Kamu bisa meminta tips dari atasan yang sudah lebih berpengalaman dalam mengelola pekerjaan berat atau sebuah tim. Coba lakukan observasi pada tim dan tempat kerja sehingga kamu bisa memahami perspektif mereka dengan lebih baik.
Source : glints
Baca juga : Beragam Manfaat Susu Bagi Kesehatan