Type Here to Get Search Results !

Manfaat Jalan Pagi Sebelum Akan Bekerja

0

HAL INI BISA MENINGKATKAN PRODUKTIFITASMU

  • Tips

 

Sebelum pergi bekerja, kamu bisa mencoba untuk jalan kaki di pagi hari dan rasakan manfaat-manfaatnya untuk produktivitas serta kesehatan. Hitung-hitung kamu menjalani olahraga kardio tanpa harus pergi ke gym. Nah, berikut manfaatnya.

Baca juga :  Kaleidoskop 2022

Memberikan energi

Manfaat jalan pagi dapat berupa energi yang bisa kita gunakan, untuk melewati hari tersebut. Beberapa kajian menunjukkan, orang dewasa yang melakukan aktivitas jalan pagi selama 20 menit di luar rumah, mendapatkan energi lebih, dibandingkan orang yang hanya berjalan selama 20 menit di dalam ruangan.

Membantu mengurangi berat badan

Katherine Zeratsky, seorang pakar diet, mengatakan pada Mayo Clinic bahwa berjalan kaki di pagi hari sebelum pergi bekerja juga dapat menurunkan berat badan. Berjalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 menit bisa membakar sebesar 150 kalori. Jika dikombinasikan dengan pola makan yang sehat dan latihan kekuatan (strength training), berat badanmu pun bisa berkurang secara efektif.

Memperbaiki mood

Tak hanya untuk kesehatan fisik, manfaat jalan pagi juga berkontribusi terhadap kondisi psikologis kita. Jalan pagi dapat meningkatkan harga diri atau self-esteem, memperbaiki suasana hati, serta mengurangi stres dan rasa cemas. Tak hanya itu, manfaat jalan pagi lainnya adalah mengikis gejala depresi, serta meurunkan risiko untuk terkena kondisi depresi.

Meningkatkan sistem imun

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari jalan pagi adalah sistem imun tubuh yang meningkat. Harvard Medical School menyebutkan, berjalan kaki secara rutin setiap harinya dapat mengurangi risikomu terkena flu. Jika kamu berjalan kaki selama 20 menit per hari dan dilakukan selama 5 kali seminggu, kemungkinanmu untuk sakit akan menurun 43%. Namun, saat kamu jatuh sakit pun gejala yang dialami akan lebih ringan.

Menurunkan berat badan

Melakukan jalan pagi selama 30 menit, secara tak langsung membantu untuk menurunkan berat badan. Sebab, jalan pagi dengan durasi tersebut, dapat membakar hingga 150 kalori. Namun harus diingat, penting untuk mengombinasikannya dengan diet sehat, serta melakukan aktivitas fisik lainnya, demi mencapai bobot yang diinginkan.

Menguatkan otot dan sendi

IRT menyebutkan, manfaat lain yang bisa didapatkan dari jalan kaki di pagi hari adalah otot dan sendi yang semakin kuat, terutama di bagian kaki. Sendi-sendi di kakimu akan bersentuhan ketika berjalan. Adanya gerakan dan sentuhan ini akan membuat sendimu mendapatkan cairan sendi.

Hal tersebut memungkinkan oksigen dan nutrisi untuk masuk ke dalam sendimu. Sehingga, sendi-sendi di kakimu akan semakin kuat.Di samping itu, otot yang semakin kuat juga turut meningkatkan kekuatan dan kesehatanmu secara keseluruhan. Sehingga, risikomu mengalami nyeri sendi atau cedera semakin kecil.

Baca juga :  Resolusi Tahun 2023

Menurunkan kadar gula darah

Berjalan kaki di pagi hari juga bisa didapatkan ketika kita melakukannya sesudah makan, yaitu menurunkan kadar gula darah. Sebuah riset skala kecil menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit sesudah sarapan, makan siang, dan makan malam berpotensi lebih berpengaruh dalam memperbaiki kadar gula dalam darah, jika dibandingkan berjalan kaki selama 45 menit sekaligus dalam satu waktu tertentu.

Meningkatkan kualitas tidur di malam hari

Kamu juga bisa mendapatkan tidur yang lebih baik dengan berjalan kaki di pagi hari sebelum pergi bekerja. Hal ini disebutkan dalam sebuah studi dari peneliti asal Jepang, Yuko Morita dan kawan-kawan di tahun 2017. Berjalan kaki di pagi hari juga dapat membantumu mendapatkan tidur yang berkualitas saat malam tiba.

Membantu raih ide-ide baru

Sebuah studi juga menjabarkan bahwa jalan kaki dapat membantu untuk mendapatkan ide-ide kreatif yang baru. Di studi itu, para ahli melihat bahwa ide-ide kreatif bermunculan saat partisipan sedang berjalan di luar rumah.

Membuatmu menjadi tidak malas

Mengutip Healthifyme, jalan kaki di pagi hari juga dapat menjagamu dari rasa malas. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jalan kaki di pagi hari secara rutin dapat membantumu membakar kalori yang tersimpan di tubuh dan meningkatkan energi. Hal ini secara tidak langsung dapat menyegarkan dan mendorong tubuhmu untuk menjadi aktif. Sehingga, kamu akan menjadi lebih bersemangat dan produktif ketika akan bekerja di kantor.

Baca juga :  Manfaat Dari Porang, Umbi Asli Indonesia


Tags

Post a Comment

0 Comments

Top Post Ad


Buttom Ads Post