Type Here to Get Search Results !

Era Penuaan Penduduk Indonesia Dimulai

0

APA ARTINYA ERA INI?

  • Sosial

Source : Pexel/Andrea Piacquadio

Indonesia saat ini memasuki fase penuaan penduduk atau aging population. Hal ini ditandai dengan terus meningkatnya populasi penduduk lanjut usia (lansia) di Indonesia. Berdasarkan sensus yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2023 saja, terdapat kurang lebih 29 juta penduduk Indonesia yang masuk kategori lansia.

Baca juga :  Hewan Ini Bisa Membunuh Manusia Walau Sudah Mati

Sementara itu, berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia pada Bab 1 Pasal 1 Ayat 2, penduduk yang dikategorikan lansia adalah mereka yang sudah mencapai usia 60 tahun ke atas.

Jumlah lansia di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat hingga 2045. Di masa depan, Indonesia diproyeksi akan memiliki sekitar 50 juta jiwa lansia, atau 20 persen dari total penduduk.

Sesuai dengan data BPS, saat ini sudah terdapat 12 persen penduduk lansia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah memberikan batasan di mana sebuah negara dikatakan memasuki era penuaan atau aging population, jika terdapat lebih dari 10 persen lansia di dalamnya.

Dengan demikian, Indonesia mulai memasuki fase penuaan penduduk. Torehan ini membuktikan, angka harapa hidup masyarakat Indonesia meningkat.

Tahun 2022, angka harapan hidup Indonesia adalah 68,2 tahun. Rata-rata ini meningkat menjadi 74 tahun pada 2024. Hal ini turut mengimplementasikan bahwa akses kesehatan semakin membaik.

Semakin meningkatnya populasi penduduk yang mendua menandakan, semakin banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan. Kesehatan lansia harus menjadi salah satu hal yang diperhatikan agar mereka tetap sehat, aktif, dan bahagia.

Baca juga :  Apakah Sistem Ranking Dapat Tumbuhkan Jiwa Kompetitif ?

Screening kesehatan menjadi salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan lansia. Selain itu, terdapat empat hal yang wajib diperhatikan untuk menjaga kesehatan lansia, yaitu gaya hidup, lingkungan, nutrisi dan kesehatan, serta faktor sosial-ekonomi.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga melakukan penelitian di beberapa daerah di Indonesia yang memiliki penduduk lansia yang berusia lebih dari 100 tahun, dan masih aktif berkegiatan. Beberapa wilayah di Indonesia, seperti Yogyakarta, Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi utara memiliki populasi penduduk tua yang besar.

Daerah-daerah tersebut memiliki topografi wilayah yang berbeda-beda. Namun, terdapat kesamaan dalam gaya hidup, aktivitas fisik, psikologis, dan sosial-ekonomi pada lansia di wilayah tersebut. Di sisi lain, Kemenkes juga mulai menggalakkan program Puskesmas Santun Lansia. Program ini memberikan pelayanan yang promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif untuk para lansia.

Dengan demikian, penuaan penduduk atau aging population ini harus dihadapi dengan baik. Apabila kesehatan para lansia dikesampingkan, produktivitas masyarakat Indonesia akan menurun, dan nantinya akan berpengaruh terhadap jumlah angkatan kerja serta penurunan angka tabungan.

Source : goodnewsfromindonesia

Baca juga : Tahun 2025, Dukungan bagi Windows 10 Akan Dihentikan

Post a Comment

0 Comments

Top Post Ad


Buttom Ads Post